Minggu, 20 Agustus 2023

SUKU BADUY DALAM

SUKU BADUY DALAM
Part-1
Bersama Team JEJAK HANTU di bawah bendera Madzasi Tapak. Jum'at 18 Agustus kemi bertolak dari lampung menuju pelabuhan Bakauheni, kemudian menyebrangi selatan Sunda dengan menggunakan kapal ferry menuju Pelabuhan Merak Cilegon. Kami naik kereta api dari stasiun cilegon menuju stasiun rangkasbitung lalu menggunakan mobil cateran sejenis elf menuju ciboleger kurang lebih 2jam perjalanan. 
Kami sudah di sambut oleh salah satu anak suki baduy dalam yang bernama kang idong. Sambil banyak cerita dan melihat keadaan suku baduy luar di mana banyak pernak-pernik dan kerajinan khas baduy yang di jual di sini dengan harga amat terjangkau seperti madu asli, gula merah, golok sulangkar, cangkir bambu, kain tenun khas baduy dan masih banyak lain nya. 

Kami lanjut perjalanan hingga kurang lebih satu jam lebih berjalan kaki, melihat pemandangan adat baduy luar begitu adem, rumah sederhana yang khas begitu tertata dan semua penduduk begitu amat ramah. 
Dari baduy luar ini kami berjalan menuju suku baduy dalam pukul 12.30 WIB siang. Selama perjalanan menuju suku baduy dalam amat luar biasa, banyak hal yang sulit di jelaskan baik alam nya, penduduk nya, pengunjung nya. 
Akhirnya kami sampai di suku baduy dalam sekitar pukul 5 sore lewat, di sini amat luar biasa. Kami di sambut hangat keluarga suku baduy dalam yang mereka pun sangat pandai berbahasa Indonesia dengan baik. Di sini pun kami di sambut Kepala Desa yang di sebut Jaro, banyak hal yang kami dapat dari beliau tentang baduy dalam. 

Di baduy dalam siapapun pengunjung tidak boleh poto atau video keadaan suku baduy dalam. Tidak boleh menggunakan shampo, sabun, pasta gigi. 

0 komentar:

Posting Komentar

Altumaritis © 2021. Design by :Yanku